Dua masalah yang paling sering terjadi pada petani kecil di satu sisi adalah sulitnya mengirimkan produk mereka ke kota-kota besar secara tepat waktu dan, di sisi lain, fluktuasi harga yang besar, yang menciptakan situasi ketidakpastian. Karena alasan ini, berbagai platform teknologi telah muncul di negara ini, yang berupaya meringankan beberapa kesulitan para produsen dengan menghubungkan produk mereka dengan konsumen perkotaan.
Mengenai pentingnya pekerjaan ini, Fabián Gómez, pendiri platform teknologi Frubana, menyatakan bahwa “menghubungkan pedesaan dan kota membantu menyelaraskan penawaran dan permintaan, mengurangi limbah, dan harga lebih stabil. Demikian pula, petani memiliki kepastian yang lebih besar tentang jumlah dan harga dari apa yang akan mereka jual, yang tidak terjadi di pasar tradisional ”.
Tepatnya itulah taruhan Frubana, yang, melalui perangkat lunak pembelajaran mesinnya sendiri, memprediksi penawaran dan permintaan setiap buah dan sayuran di kota tempat mereka beroperasi. Data yang terkumpul dibagikan kepada produsen, untuk membantu mereka mengetahui lebih awal kebutuhan pasar perkotaan, untuk mengurangi jumlah produk yang tidak akan dikonsumsi. Jadi, Frubana hanya membeli produk yang mereka butuhkan, sehingga mereka tidak menyimpan persediaan dalam jumlah besar dan mengurangi pemborosan.
Dengan ini, perusahaan berupaya mengurangi biaya makanan tersebut untuk restoran yang disajikan di tiga negara tempatnya beroperasi, menghubungkan mereka langsung dengan produsen dan petani lokal. Yang terakhir, pada bagian mereka, telah menerima inklusi yang lebih besar dalam sistem keuangan, sejauh 95% pembayarannya adalah elektronik, dan memiliki pendapatan yang lebih stabil dan menguntungkan, yang meningkatkan kualitas hidup dan kapasitas produktif mereka.
Mekanismenya, jelas Gómez, telah menghasilkan “angka limbah buah dan sayuran kami menjadi 4% atau 5%, dibandingkan dengan 58% yang saat ini terbuang oleh industri ini di Kolombia.”
Sejak didirikan pada 2018, perusahaan telah melayani lebih dari 12.000 restoran, menciptakan lebih dari 8.000 pekerjaan, dan menjual 2.100 ton makanan setiap bulan.
Namun, ini bukan aplikasi yang membantu petani, di bawah ini, kami menghadirkan empat opsi aplikasi lagi yang memungkinkan Anda memasarkan makanan dengan supermarket, restoran, dan toko.
Banyak
Mucho adalah aplikasi yang berupaya, melalui ide pasar yang dipersonalisasi, untuk menghubungkan penduduk perkotaan dengan makanan segar dan langka dari wilayah negara yang sulit diakses dan dipanen oleh produsen kecil.
Frubana
Frubana adalah platform teknologi yang, melalui aplikasi untuk dijual ke restoran di kota, membantu memfasilitasi negosiasi antara mereka dan produsen buah dan sayuran, berkontribusi pada logistik dan perkiraan permintaan.
Koshcampo
Koshcampo adalah aplikasi digital khusus pemasaran makanan bersertifikat halal. Perusahaan hanya memanen apa yang diminta pelanggannya, melalui situs webnya. Gunakan tanaman yang bertanggung jawab dan bersertifikat dari petani kecil.
BuyAgro
ComprarAgro adalah perusahaan yang menghilangkan bagian dari rantai intermediasi dalam proses jual beli produk pertanian melalui platform web, sehingga mempromosikan pemasaran langsung antara petani dan konsumen.
Waruwa
Waruwa adalah platform teknologi yang mendistribusikan buah-buahan dan sayuran untuk restoran, toko lingkungan dan supermarket, menghubungkan petani dan pengangkut untuk membawa produk langsung ke pelanggan dengan harga terbaik.